Puisi Dalam Sebuah Catatan Kritis

Tulisan ini tidak sedang memuntahkan teori. Pun tidak sedang menggurui. Terlebih menghakimi. Tapi rasanya, jemari ini memang sudah terlalu gatal ingin menuliskan hal penting perihal puisi dalam tinjauan tak biasa dunia sastra. Tak hanya beralasankan karena kecintaan saya pada puisi, tapi memang ada aspek menarik yang harus tuntas dikuliti. Detik ini.
Let’s begin!!
  • What’s the Meaning of Poem?
Hingga detik ini, saya selaku penulis puisi tak pernah menemukan tafsir aklamasi mengenai apa itu pengertian puisi. Setiap kepala pemuisi akan mengemukakan hal berbeda perihal tafsirannya atas pengertian sebuah puisi. Lantas, apa itu puisi? Mari kita kupas.

Pertama, puisi berasal dari bahasa Yunani kuno (poieo/poio = i create) adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. (wikipedia). Di sini kita bisa membuat batasan, bahwa puisi sangat tergantung pada bahasa sebagai elemen terpenting terciptanya sebuah tulisan yang memiliki nilai estetika. Dalam komponen bahasa puisi, tentu kita akan menemukan diksi, majas, rima, metrum, dan lainnya.
Kedua, puisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
Ketiga, puisi dalam pandangan para tokoh. Berikut ini beberapa kutipan pandangan mengenai arti puisi:

H. B. Jassin: “puisi adalah pengucapan dengan perasaan yang di dalamnya mengandung pikiran-pikiran dan tanggapan-tanggapan”.

Ralph Waldo Emerson: “puisi mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin”.

James Reeves: “puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat”.

Herbert Spencer: “puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan”.

Dari beberapa penjabaran di atas, saya ingin mengatakan bahwa puisi tak akan pernah menemukan muara pengertiannya secara tunggal. Ia akan senantiasa berkelit dari tafsir, sebab kata pun kalimat yang menjelaskan puisi itu akan terasa sumir. Selalu saja akan dikembalikan pada kebebasan sudut pikir untuk meramu tafsir. Oleh sebab itu, jangan pernah terjebak pada teralis arti, biarkan saja puisi bebas dan tegas berdiri. Sebab puisi memang terlahir untuk membebaskan emosi menjadi imajinasi, menumpahkan pikiran menjadi tulisan, dan memuntahkan rasa menjadi kata-kata.
  • Poem = Unique
Saya ingin mengatakan bahwa puisi tak akan pernah serupa dengan novel, cerpen, esai, terlebih artikel. Puisi adalah unik. Bila genre sastra dan tulisan lainnya sangat terikat EYD dan tata bahasa, maka puisi tak akan pernah terikat aturan baku itu. Tulisan selain puisi akan sangat dipandang aneh manakala ia keluar dari pakem EYD-tata bahasa, sembarangan mencomot kata-kata tak umum, terlebih menggunakan kata-kata kasar pun vulgar. Namun dalam rimba karya puisi, keanehan-keanehan itu sepertinya menjadi hal yang lumrah, bahkan sangat menarik untuk dikulik.

Percaya ataupun tidak, ini pengalaman pribadi. Suatu ketika saya pernah dibuat sangat jengkel oleh komentar sahabat pena di sebuah grup kepenulisan yang (terkesan) beliau sangat paham dan mengerti apa saja yang harus dikuliti dalam puisi. Tentu ke-jengkel-an saya kala itu sangat berdasar, referensif, dan mengacu pada pengalaman membaca dan mempelajari banyak puisi, baik indonesia pun internasional. Saat itu saya dibuat jengkel dengan komentar seputar diksi yang (menurut argumentasinya) salah dan tidak tepat penggunaannya. Detik itu pula, ingin rasanya balik menyerang dan menghantam telak sahabat tersebut dengan teori dan referensi bacaan yang selama ini saya pahami dan miliki. Tetapi saat itu saya lebih memilih untuk tersenyum dan memperhatikan kritik-argumentasi yang dialamatkan pada saya. Well, penasaran seperti apa puisinya? Berikut saya kutipkan puisi itu:

Jengah aku dengar riak hujan gerimis
Sementara keluh tanah kian terasa amis
Menyengat napas muntahkan selongsong tiris
Menatap banjir melabuhkan tangis mengiris

Aku tak bisa membaca catatan alam
Yang meninggalkan remuk kelu di kesunyian malam
Dan raung si kecil mencari hangat di selembar tilam
Atau sebatang kepul asap tak lagi bingar lewati kelam

Yang kupahami hanya setangkup pesan di sana
Di antara air mata dan mata air murka
Tertinggal tangan-tangan hitam mengepul dosa
Menelanjangi bumi lenguh tak berdaya
Dan segulung bencana adalah surat kecil dari-Nya

Nah, yang menjadi kritik utama dalam pandangannya saat itu terletak pada dua kata di atas yang telah dipertebal hitam. Ya, kata riak dan hujan. Dalam pandangannya, kata riak di situ tidak tepat, sebab riak lebih kepada dilihat, bukan didengar. Lebih tepat dihapus dan diganti. Kemudian kritik kedua, kata hujan menurutnya tak tepat bila disandingkan dengan kata gerimis, karena dua kata tersebut memiliki dua pengertian yang berbeda meskipun mirip. Lantas, apa yang salah? Semua sudah tepat. Eiiits.. tunggu dulu.

Di sinilah saya ingin mengulangi kata-kata di atas, puisi = unik. Mau tahu apa landasan bantahan dari saya? Yuk, baca kembali puisi nyeleneh berikut ini:

O
Oleh : Sutardji Calzoum Bachri

dukaku dukakau dukarisau dukakalian dukangiau
resahku resahkau resahrisau resahbalau resahkalian
raguku ragukau raguguru ragutahu ragukalian
mauku maukau mautahu mausampai maukalian maukenal maugapai
siasiaku siasiakau siasia siabalau siarisau siakalian siasia
waswasku waswaskau waswaskalian waswaswaswaswaswaswaswaswaswas
duhaiku duhaikau duhairindu duhaingilu duhaikalian duhaisangsai
oku okau okosong orindu okalian obolong o risau o Kau O...


17 Nov 1999
------------------------------------------------------------------------

Bagaimana, apakah sudah paham dengan makna puisi itu? Coba gali dan kritisi dalam tinjauan EYD, diksi, serta tata bahasa.


AMUK
Oleh :
Sutardji C. Bachri

.... aku bukan penyair sekedar
aku depan
depan yang memburu
membebaskan kata memanggilMu

pot pot pot
pot pot
kalau pot tak mau pot
biar pot semau pot
mencari pot
pot
hei Kau dengar manteraku
Kau dengar kucing memanggilMu
izukalizu
pot
hei Kau dengar manteraku Kau dengar kucing memanggilMu
izukalizu mapakazaba itasatali
tutulita papaliko arukabazaku kodega zuzukalibu
tutukaliba dekodega zamzam lagotokoco zukuzangga
zegezegeze zukuzangga zegezegeze zukuzangga zegezegeze zukuzangga zegezegeze aahh...!
nama kalian bebas carilah tuhan semaumu

---------------------------------------------------------------

Bagaimana, apakah sudah mulai geleng-geleng kepala? Tunggu. Ini belum tuntas.



TRAGEDI WINKA & SIHKA
Oleh : Sutardji Calzoum Bachri

             kawin
                    kawin                              
                           kawin                                      
                                 kawin                                                    
                                        kawin                                              
                                                ka                                          
                                             win                                       
                                           ka                                  
                                      win                              
                                   ka                          
                              win                      
                           ka                
                      win            
                   ka                
                      winka                        
                          winka                                
                               winka                                        
                                    sihka                                                
                                        sihka                                                        
                                             sihka                                                                
                                                     sih                                                            
                                                   ka                                                        
                                                sih                                                    
                                             ka                                                
                                         sih                                            
                                      ka                                        
                                  sih                                    
                               ka                                
                           sih                            
                         ka                                
                     sih                                    
                         sih                                        
                             sih                                            
                                  sih                                                
                                      sih                                                    
                                          sih                                                        
                                              ka                                                            
                                                 Ku

-----------------------------------------------------------------------

Nah, sekarang apakah sudah mulai jungkir balik setelah membaca puisi yang terakhir tersebut? Coba telaah dan cerna dalam sudut pandang EYD, tata bahasa dan tafsir makna.

Pertanyaannya sederhana saja. Apakah EYD dan tata bahasa masih dipegang teguh oleh si penulis puisi tersebut? Jawabannya tentu saja tidak. Semua puisi di atas seperti sebuah kata dan kalimat kacau-balau, tak beraturan, melenceng jauh dari pakem aturan main bahasa yang selama ini kita tahu, terlalu rumit untuk dicerna nalar. Bahkan seorang profesor pun belum tentu mampu memahami hakikat makna yang terkandung dalam puisi tersebut di atas.

Faktanya, hingga detik ini saya tidak pernah mendengar ada seorang penyair, sastrawan, bahkan guru besar bahasa Indonesia yang memprotes dan menentang keras puisi-puisi SCB itu. Justru puisi-puisi itu banyak mendapatkan apresiasi luar biasa di kalangan penulis, sastrawan, dan tokoh penting lainnya dalam dunia literasi.

Lantas, untuk apa EYD-tata bahasa? Inilah yang saya maksudkan dengan keunikan dari sebuah karya puisi. Dia bisa dengan mudah menerabas batasan EYD dan ketatabahasaan, diksi, bahkan aturan baku yang umumnya wajib ada dalam semua jenis tulisan selain puisi. Coba bayangkan, kok bisa-bisanya beliau memberikan judul puisi dengan hanya satu huruf, O. Atau kalimat putus-putus ala zig-zag yang hanya menempatkan dua sampai 5 huruf saja setiap barisnya.

Inilah yang kemudian menjadi landasan referensi atas ke-jengkel-an saya tadi. Tentu sahabat semuanya tercengang dan terheran-heran dengan puisi Sutardji Calzoum Bachri di atas, tapi tentunya bukan hanya beliau yang berhasil menghadirkan karya puisi ke tengah-tengah penikmat sastra dengan bentuk aneh nyeleneh. Masih banyak pemuisi tanah air dan luar negeri lainnya yang berhasil memberikan warna menarik dalam khazanah dunia tulis puisi.

Berdasar itu, dalam hal ini saya ingin sedikit mengambil kesimpulan. Bahwa puisi terlahir tidak untuk terikat EYD dan aturan baku tata bahasa Indonesia. Ia hanya akan berdiri mengikuti naluri imajinasi dan mengakar kuat menghadirkan daya pikat.

Sebagai penutup pada pembahasan ini, sebagai penegas atas pemikiran di atas bahwa puisi = unik, saya ingin mengatakan bahwa –meminjam ungkapan Seno Gumira Adjidarma- “Jika puisi atau cerpen tertib, ditulis sesuai dengan tata bahasa, dan penalaran sesuai kebiasaan, maka ia hanya akan menjadi ‘keterangan’ saja. Dan jika terjadi yang demikian, alangkah tidak menariknya dunia!”
  • Hati-hati, Jangan Terjebak pada Dogma Puisi
Seperti halnya ada sebuah dogma dalam agama, maka akan pula ada dogma dalam sebuah karya puisi. Dalam hal ini, dogma bisa diartikan sebagai pokok ajaran yang tidak boleh dibantah. Bila dalam agama ada absolutisme nilai yang tak boleh dilanggar, maka dalam puisi ada absolutisme teori yang akan selalu melekat, entah sadar maupun tanpa kita sadari saat menulis sebuah puisi.

Bila dalam sebuah cerpen/novel kita mengenal unsur tema, alur/plot, penokohan, latar/setting, dan sudut pandang tokoh. Maka dalam puisi kita akan mengenal kata, larik, bait, bunyi, rima, dan irama. Yang ingin saya garis bawahi pada bahasan ini adalah, seringkali kita terkungkung oleh keharusan memikirkan dan memperhatikan unsur-unsur tadi ketika menulis sebuah puisi. Pada akhirnya, inilah yang kemudian menjadi hal yang bersifat dogmatis. Praktis saat dogma itu memenjara kreatifitas, maka kita akan mengalami kebingungan dan kebuntuan saat menulis puisi.

Menulis puisi tak selalu mengharuskan kita memasukkan unsur-unsur tersebut ke dalam sebuah puisi. Menulis puisi hanya membutuhkan imajinasi, rasa, dan kearifan menyuplik hal-hal sederhana yang sejatinya memang sudah terhampar di hadapan kita, pun melekat dalam memori kita. Jadikanlah dogma puisi tadi hanya sekadar pengetahuan yang harus kita pelajari dan pahami. Sebab menulis puisi adalah pekerjaan ringan sederhana sekaligus menyenangkan. Tidak percaya? Berikut saya cuplik sebuah puisi dari buku kumpulan puisinya Muhammad Asqalani Eneste yang berjudul Tangis Kanal Anak-Anak Nakal.

Elegi
Oleh : MAE

Lebih baik puisi mati daripada membangkai dalam hati


Lelaki Muallaf
Oleh : MAE

Aku berbuka
Tapi lupa baca bismillah
Apakah puasaku berkah?

Jangan-jangan tidak sah

-----------------------------------------------------

Perhatikan puisi pertama. Sederhana, bukan? Satu baris saja sudah menjadi puisi. Kemudian puisi kedua. Yang hanya seperti curhat dalam buku diary, tapi menjadi puisi yang sangat eksotis dengan hanya bermodalkan rima. So, sangat mudah, bukan? Tak sesulit yang kita bayangkan.

Berkali-kali saya selalu ingin mengatakan hal ini: ‘jangan takut untuk menulis puisi, jangan pernah lari dari kumpulan kata-kata yang menunggu untuk kau bumbui imajinasi’. Sebab –meminjam ungkapan sastrawan Premoedya Ananta Toer- ‘menulis adalah sebuah keberanian’. Selama kita berani untuk menulis, maka ilhamlah yang akan mengikuti kita ke manapun pena melangkah.

Demikian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat. Bila ada kritik, sila kau sampaikan. Bila ada pujian, lupakan. Selamat menulis, dan salam sastra!!
--------------------------------------------
07-06-2014
#MSP



Komentar

Terbaru

Latihan

Warjito (Sebuah Memori dalam Puisi)

Yang Terserak Hilang Jejak